Rabu, 09 Mei 2012

Tugas 2


Tugas 2
1.      Definisi e-commerce.
E-commerce atau bisa disebut Perdagangan elektronik atau e-dagang adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

2.      Kelebihan dan kekurangan dari bisnis berbasis web.
Keuntungan dari E-commerce
1,Bagi,,organisasi/perusahaan
a.Pasar
,,internasional
Dengan penerapan e-commerce sebuah perusahaan dapat memiliki sebuah pasar internasional. Bisnis dapat dijalankan tanpa harus terbentur pada batas negara dengan adanya teknologi digital. Pihak perusahaan dapat bertemu dengan partner dan kliennya dari seluruh penjuru dunia. Hal ini menciptakan sebuah lembaga multinasional virtual.
2,Bagi,,konsumen
a.Akses
,,penuh,,24,,jam/7hari
Konsumen dapat berbelanja atau mengolah bernagai transaksi lain dalam 24 jam sepanjang hari, sepanjang tahun di sebagian besar lokasi. Contohnya memeriksa saldo, membuat pembayaran, dan
,,memperoleh,,informasi,,lainnya.
b.Lebih
,,banyak,,pilihan
Konsumen tidak hanya memiliki sekumpulan produk yang bisa dipilih, namun juga daftar supplier internasional sehingga konsumen memiliki pilihan produk yang lebih banyak.
c.Perbandingan
,,harga
Konsumen dapat berbelanja di seluruh dunia dan membandingkan harganya dengan mengunjungi berbagai situs yang berbeda atau dengan mengunjungi sebuah website tunggal yang menampilkan berbagai harga dari sejumlah provider.
d.Proses
,,pengantaran,,produk,,yang,,inovatif
Dengan e-commerce proses pengantaran produk menjadi lebih mudah. Misalnya dalam kasus produk elektronik misalnya software atau berkas audio visual di mana konsumen dapat memperoleh produk tersebut cukup dengan mengunduhnya melalui internet.


3.Bagi,,masyarakat
a.Praktek
,,kerja,,yang,,lebih,,fleksibel
E-commerce memungkinkan masyarakat bisa lebih fleksibel dalam menentukan tempat bekerja, misalnya mereka dapat bekerja dari rumahnya masing-saing tanpa harus pergi ke kantor.
b.Terhubungnya
,,masyarakat,,dengan,,masyarakat,,lain
Masyarakat di negara berkembang dapat mengakses dan menikmati produk, layanan, dan informasi yang mungkin sulit mereka temukan di daerahnya.
c.Kemudahan
,,akses,,fasilitas,,publik
Masyarakat dengan mudah dapat memanfaatkan layanan publik, misalnya layanan kesehatan dan konsultasi serta pembelian resep dokter dengan mengunjungi internet.

Kekurangan
1.Bagi,,organisasi/perusahaan
a.Keamanan
,,sistem,,rentan,,diserang
Terdapat sejumlah laporan mengenai website dan basis data yang dihack, dan berbagai lubang kelemahan keamanan dalam software. Hal ini dialami oleh sejumlah perusahaan besar seperti Microsoft dan lembaga perbankan. Masalah keamanan ini menjadi sangat pnting karena bila pihak lain yang tidak berwenang bisa menembus sistem maka dapat menghancurkan bisnis yang telah berjalan.
2.Bagi,,konsumen
a.Perlunya
,,keahlian,,komputer
Tanpa menguasai keahlian computer, mustahil konsumen dapat berpartisipasi dalam e-commerce. Pengetahuan dasar computer diperlukan, antara lain pengetahuan mengenai internet dan
,,web.
b.Biaya
,,tambahan,,untuk,,mengakses,,internet
Untuk ikut serta dalam e-commerce dibutuhkan koneksi internet yang tentu saja menambah pos pengeluaran bagi konsumen.
3.Bagi,,masyarakat
a.Berkurangnya
,,interaksi,,antar,,manusia
Karena masyarakat lebih sering berinteraksi secara elektronik, dimungkinkan terjadi berkurangnya kemampuan sosial dan personal manusia untuk bersosialisasi dengan orang lain secara
,,langsung.
b.Kesenjangan
,,sosial
Terdapat bahaya potensial karena dapat terjadi kesenjangan sosial antara orang-orang yang memiliki kemampuan teknis dalam e-commerce dengan yang tidak, yang memiliki keahlian digaji lebih tinggi daripada yang tidak.




3.      Sebutkan dan jelaskan fitur2 utama pendukung web.
adalah bagian dari optimalisasi kinerja komputer tersebut.
Registry Mechanic
Registry Mechanic dapat membersihkan ,merepair dan mengoptimalkan registry windows dengan mudah sehingga sistem menjadi stabil dan bekerja dengan cepat.

Pembersih Hardisk

berkikut adalah beberapa software yang dapat digunakan untuk membersihkan hardisk dari file-file yang sudah tidak berguna lagi akibat kegagalan kita dalam menginstal atau uninstal suatu program.

Perpec disk

Merupakan salah satu software yang berpungsi untuk mendefrag dan mengoptimalakan kinerja Hardisk.software ini mampu mendeteksi dan memberikan ruang kosong bagi hardisk komputer dengan menghapus file dari resiclebin,file internet sementara,file yang terduplikat,dan lainnya.
4.      Bahaya dalam bisnis berbasis web (e- commerce).
a.       Dari sisi pembeli dan penjual.
b.      Atau kejahatan yang mungkin timbul.
A, Pembeli dan Penjual,
Sama-sama adanya rasa kecurigaan dari masing-masing lawan bicaranya, dikarenakan tidak ada nya interaksi langsung antara penjual dan pembeli sehingga dapat menimbulkan rasa ketidak percayaan dari masing- masing peran.
B, Kejahatan yang mungkin timbul adalah
Penipuan yang marak terjadi dalam dunia maya ini (e-commerce) sehingga banyaknya orang yang tertipu akibat penipuan yang terjadi di ecommerce.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar